Journal Description






























Journal title : Jurnal Komunikasi
Frequency 2 issues per year | April & October
DOI : Prefix 10.20885/komunikasi
ISSN : ISSN : 2548-7647 (online) | 1907-848X (Print)
Publisher Department of CommunicationsUniversitas Islam Indonesia
Citation Analysis Google Scholar | SINTA


Journal Komunikasi is a peer-review journal published by Department of Communications Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia, in collaboration with APJIKI (Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia). We welcome all contributions on the following topics media, journalism, strategic communication and all field related to communication studies. The article that uses critical theories/perspectives and encourages the spirit of empowerment would be more preferred.

Jurnal Komunikasi publishes twice a year, in April and October, by the Department of Communications, Universitas Islam Indonesia. Jurnal Komunikasi is available in printed 1907-848X (Print) and electronic version 2548-7647 (online).

The journal is accreditted Sinta 2 based on Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia Nomor 200/M/KPT/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020.

Jurnal Komunikasi is indexed in  Directory of Open Access Journals (DOAJ)Google ScholarSintaGarudaOne Search IndonesiaIndexCopernicus and a member of Crossref.

 

System Migration OJS 2 to OJS 3

2022-03-18

It is notified to editors, reviewers, writers, and readers, that the UII Technician team will be migrating the system from (Open Journal System) OJS 2 to OJS 3.
VOLUME 16 NO 1 OKTOBER 2021
Volume 16, Number : 1
October 31, 2021
Current Issue

Vol. 16 No. 2 (2022): VOLUME 16 NO 2 APRIL 2022

Published: April 30, 2022

Journal Cover

36

Editorial

43

Mengaburnya Ruang Publik dan Ruang Privat dalam Praktik Konsumsi Media Baru

Risky Wahyudi (1), Heru Nugroho (2)
(1) Program Studi Kajian Budaya dan Media, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia ,
(2) Program Studi Kajian Budaya dan Media, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
101-112
429

Aktivisme Digital dalam Konteks Penggalangan Donasi Fandom BTS (ARMY) Indonesia Melalui Twitter

Nawan Sumardiono (1)
(1) Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia.
113-128
291

Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial

Sri Hapsari Wijayanti (1), Kasdin Sihotang (2), Vanessa Emmily Dirgantara (3), Maytriyanti (4)
(1) Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia ,
(2) Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia, ,
(3) Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia ,
(4) Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia
129-146
542

Tunda Pilkada: Apakah Advokasi Digital Berhasil Memengaruhi Proses Pembuatan Kebijakan?

Firda Aulia (1), Bevaola Kusumasari (2)
(1) Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia ,
(2) Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
147-168
150

Stigma Sosial Pengangguran di Media Daring Amerika Serikat pada Masa Pandemi COVID-19

Evanytha Evanytha (1), Rustono Farady Marta (2), Hana Panggabean (3), Mercedes Amanda (4)
(1) Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia ,
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta Utara, Indonesia ,
(3) Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Indonesia ,
(4) School of Journalism and Communication, Huaqiao University, China
169-186
194

Function Consuming sebagai Tingkat Kecakapan Literasi Media Digital Masyarakat Yogyakarta

Ade Irma Sukmawati (1), Irma Handayani (2)
(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Bisnis dan Humaniora, Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia ,
(2) Prodi Sistem Informasi,Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
187-204
163

Pengaruh Terpaan Informasi Keluarga Berencana terhadap Intensi Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang

Kholidil Amin (1), Purwanti Hadisiwi (2), Jenny Ratna Suminar (3), Susanne Dida (4)
(1) Prodi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Sumedang, Indonesia. ,
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Sumedang, Indonesia ,
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Sumedang, Indonesia ,
(4) Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Sumedang, Indonesia
205-222
290

Propaganda Jepang melalui Majalah Djawa Baroe pada Masa Kependudukannya di Indonesia

Raisa Hashina Rosalini (1), Desi Dwi Prianti (2)
(1) Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia ,
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
223-238
250

Konvergensi dan Manajemen SDM Media Lokal

Fatimah Sari (1)
(1) Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia
239-252
199
View All Issues